Hal yang diPerhatikan Saat Memasang Panel Surya


Pemasangan panel solar di atap rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan berikut ini.
 

1. Perhatikan lokasi pemasangan

Instalasi panel solar biasanya diletakkan di atap rumah karena merupakan lokasi yang paling banyak mendapatkan sinar matahari. Namun, agar energi yang didapatkan semakin maksimal, Anda perlu memperhatikan lokasi rumah Anda. Jika lokasi rumah Anda semakin dekat dengan garis khatulistiwa, Anda akan semakin mudah mendapatkan sinar matahari.
 
Anda juga perlu memperhatikan ke arah mana atap menghadap, lokasi lahan untuk memasang sistem panel solar, dan jarak antarpanel solar yang terpasang di atap dengan panel utama listrik. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda bisa merencanakan sistem pemasangan panel solar di atap rumah dengan tepat.
 

2. Belilah komponen berkualitas di penjual tepercaya

Dalam melakukan pembelian komponen panel solar, sebaiknya Anda tidak sembarangan. Pastikan Anda mengecek kredibilitas penjual dan membeli komponen berkualitas dari penjual yang memiliki garansi produk. Penjual juga perlu memberikan servis ketika terjadi masalah dan memiliki layanan purnajual. Hal ini penting karena berkaitan dengan instalasi listrik yang bisa berbahaya jika terjadi kerusakan atau masalah pada sistem. Jika tertarik ingin pasang solar panel dapat menghubungi sewatama yang sudah pasti memiliki keahlian dibidang solar panel.
 
Jika dilihat sebagai investasi, pemasangan panel solar di atap rumah akan mendatangkan manfaat untuk Anda. Antara lain, Anda bisa menghemat biaya listrik dan mendukung teknologi ramah lingkungan.
 
Berikut ini hal-hal yang perlu dipahami sebelum memasang panel surya di tempat tinggal Anda.
 

1. Cara Pemasangan panel surya

Pemasangan panel solar harus dikerjakan oleh teknisi ahli yang sudah berpengalaman. Pada umumnya, teknisi akan menganalisis kebutuhan konsumen akan energi listrik dan jumlah panel solar yang akan dipasang untuk mencukupinya. Dengan demikian, akan terlihat kebutuhan listriknya, tagihan listrik per bulannya, dan biaya yang diperlukan untuk pemasangan panel solar. Setelah analisis dilakukan, penyedia jasa akan melakukan survei ke lokasi pemasangan.
 
Setelah melakukan survei lokasi, penyedia jasa akan memasang panel solar di atap rumah Anda sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, untuk satu rumah dengan kebutuhan listrik 2200 watt, dibutuhkan sekitar 6 – 8 panel dengan ukuran 1x2 meter di atap.
 
Mungkin Anda berpikir bahwa tenaga surya hanya cocok digunakan untuk pabrik atau rumah berukuran besar. Kenyataannya, panel solar memiliki berbagai jenis yang dapat dipasang di rumah besar ataupun kecil, seperti rumah tipe 36
 

2. Harga pemasangan panel surya

Berapa biaya yang perlu disiapkan untuk pemasangan instalasi panel solar di atap? Dilansir dari Kompas, harga dasar untuk 1 kilowatt peak (kWp) panel solar adalah sekitar Rp14 juta. Biaya total akan tergantung pada seberapa besar panel solar yang akan dipasang. Contohnya, jika satu rumah atau toko memasang 10 kWp panel solar, Anda perlu mengalikannya dengan harga dasar per kWp dan hasilnya sebesar Rp140 juta.
 
Jumlah 10 kWp biasanya digunakan oleh pelaku usaha untuk membantu kebutuhan listrik produksi. Sedangkan bagi rumah tangga, pemasangan panel solar lebih kecil dari angka tersebut yaitu sekitar 1 atau 2 kWp dan jika dihitung, harganya sekitar Rp14 juta sampai Rp28 juta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal yang diPerhatikan Saat Memasang Panel Surya"

Posting Komentar