Ulasan Seputar Penyakit Kolesterol dan Manfaat Okra

Ulasan-Seputar-Penyakit-Kolesterol-dan-Manfaat-Okra

Kolesterol merupakan zat lunak yang menyebabkan adanya lemak dalam darah, biasanya zat tersebut diproduksi hati secara alami. Kolesterol cukup penting untuk membentuk hormon tertentu, membran sel, dan vitamin D. Jika kolesterol tidak larut pada air maka zat ini tidak menyebar dalam darah secara alami. Untuk menyebarkan kolesterol dalam darah maka dibutuhkan lipoprotein yang merupakan partikel yang terbuat dari lemak maupun protein dan bertugas dalam membawa kolesterol dan lipid, menuju aliran darah. Kolesterol LDL cukup jahat karena menyebarkan kolesterol seluruh tubuh dan kolesterol HDL sebagai kolesterol baik dengan menghilangkan kadar kolesterol dalam aliran darah. Untuk menjaga kolesterol maka dapat menggunakan manfaat okra.

Kadar kolesterol dianggap normal jika seluruh kolesterol kurang dari 200 miligram dan 200 hingga 239 miligram masih dianggap batas aman sedangkan diatas 239 miligram sudah termasuk tinggi. Untuk kolesterol LDL dianggap normal jika berada dibawah 100 miligram dan 100 hingga 129 miligram masih tergolong normal dengan batas wajar 130 hingga 159 miligram dan tergolong tinggi jika 160 hingga 189 miligram. Untuk kadar HDL dengan 40 miligram dapat menyebabkan penyakit jantung, 41 hingga 59 miligram tergolong normal dan semakin naik menjadi 60 miligram maka akan semakin baik. Kadar trigliserida normal pada angka 150 miligram dan batas wajarnya 150 hingga 200 miligram dan jika melebihi 200 miligram akan mengalami atherosclerosis dan 500 miligram menyebabkan pakreatitis.

Berikut adalah penyebab meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh diantaranya:
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh seperti mentega, santan, keju, krim dan kuning telur.
  • Kurang melakukan aktifitas fisik atau olahraga yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah semakin tinggi.
  • Kebiasaan merokok yang menyebabkan penyempitan arteri karena zat akrolein yang menghentikan aktifitas kolesterol baik untuk membawa timbunan lemak dari tubuh untuk dikeluarkan.
  • Terlalu sering mengonsumsi alkohol yang menyebabkan trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah.
  • Memiliki obesitas dengan indeks massa tubuh diatas 30 dengan ukuran pinggang lebih dari 89 cm untuk wanita yang cenderung meningkatkan LDL dan menurunkan HDL.
  • Mengidap penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, liver, ginjal dan kelenjar tiroid yang tidak aktif.
Jika memiliki kolesterol jahat maka dapat menyebabkan komplikasi yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. Merasakan nyeri pada dada dikarenakan arteri terdampak sehingga jantung dalam darah menjadi bermasalah. Serangan jantung dapat dialami karena penumpukan kolesterol lebih dan menyebabkan plak pecah kemudian terjadi pendarahan, pendarahan pada bagian tubuh yang terdapat plak yang menghalangi aliran darah dan tidak dapat mengalirkan darah menuju jantung.

Berikut adalah manfaat obat alami kolesterol okra diantaranya:

  • Dapat meredakan asma karena memiliki vitamin C dan antioksidan, sehingga mencegah kerusakan jaringan dan mengurangi gejala napas mengi.
  • Dapat memperlancar pencernaan yang mencegah terjadi anti radang pada lambung dan iritasi usus serta menurunkan resiko kanker usus.
  • Dapat menurunkan kolesterol dengan menggunakan minyak dari biji okra, serat okra juga dapat menyerap gula dari usus sehingga menormalkan kembali kolesterol darah.
Manfaat okra untuk menurunkan kolesterol termasuk menjaga perkembangan penyakit pada jantung. Dapat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes dan membuat kadar gula dalam darah lebih stabil. Okra berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan vitamin C dan antioksidan tinggi sehingga akan menghancurkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu sebagai pencegah gangguan ginjal dan menurunkan osteoporosis jika sudah memiliki usia lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Seputar Penyakit Kolesterol dan Manfaat Okra"

Posting Komentar