5 Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Kesehatan


Zaitun ialah tanaman yang berupa pohon dengan nama latin Olea europaea. Tanaman ini mempunyai tinggi tidak kurang dari 15 mtr. dengan daun tunggal berwarna hijau keperakan. 

Diluar itu, zaitun mempunyai bunga kecil berupa lonceng yang berwarna putih berbulu. Selanjutnya, buahnya berupa bundar yang dapat dipanen saat berwarna hijau atau keunguan. 

Sisi buah zaitun hijau berikut yang selanjutnya diekstrak jadi minyak zaitun. Sesaat, saat telah berwarna ungu, buah zaitun seringkali jadikan jadi pewarna bikinan. Tidak cuma buahnya, daun zaitun mempunyai faedah waktu sudah jadi ekstrak. 

Berikut beberapa faedah ekstrak daun zaitun untuk kesehatan berdasar sebagian riset besar. 

1. Punya potensi tingkatkan kesehatan jantung 

Salah satunya unsur efek penyakit jantung ialah kandungan cholesterol tinggi. Cholesterol yang disebut ialah LDL (Low Density Lipoprotein) atau Anda mungkin lebih mengenalnya dengan cholesterol jahat. 

Makin tinggi kandungan cholesterol ini, makin besar juga peluang penimbunan serta penyempitan pembuluh darah jantung. Makin lama, ini dapat mengakibatkan aterosklerosis. 

Studi pada jurnal Phytotherapy Research, tunjukkan jika ekstrak daun zaitun mempunyai faedah pada penyakit jantung. 

Dalam riset itu, periset memberi ekstrak daun zaitun sepanjang 8 minggu teratur pada seekor tikus. Hasilnya, tunjukkan tikus itu alami penurunan cholesterol jahat. Penemuan ini tunjukkan jika ekstrak daun zaitun peluang menolong menahan penyakit jantung. 

2. Bermanfaat untuk perawatan diabetes type 2 

Satu laporan membahas faedah ekstrak daun zaitun untuk penyakit diabetes type 2. Periset yang mengetes manfaat daun zaitun pada hewan ini temukan beberapa hasil, yaitu: 
  • Kurangi efek hiperglikemia (kandungan gula darah tinggi) 
  • Kurangi hiperinsulinemia (kebanyakan insulin dalam darah) 
  • Kurangi depresi oksidatif (tidak seimbangan radikal bebas yang membahayakan badan) 
  • Kurangi kandungan cholesterol jahat 

3. Punya potensi menahan kanker 

Tidak hanya tingkatkan kesehatan jantung, ekstrak daun zaitun mempunyai faedah dalam menahan perkembangan sel badan yang abnormal. 

Satu studi pada jurnal Molecular Nutrition & Food Research temukan jika karakter anti-oksidan dari daun zaitun bisa hentikan perkembangan sel kanker. Terdapatnya penemuan ini membuat ilmuwan terus menggali kekuatan serta menunjukkan dampak daun zaitun pada kanker. 

4. Punya potensi turunkan tekanan darah 

Bukan sekedar cholesterol, penyakit jantung beresiko pada seorang yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi). Riset tahun 2017 yang dimuat dalam European Journal of Nutrition tunjukkan jika ekstrak zaitun mempunyai dampak penurunan tekanan darah sistolik serta diastolik. 

Itu berarti, ekstrak daun zaitun bisa menolong turunkan efek stroke serta serangan jantung. 

5. Punya potensi jadi obat herpes serta tingkatkan kesehatan otak 

Herpes ialah penyakit kulit yang dikarenakan oleh virus herpes. Penyakit ini mengakibatkan timbulnya cedera di seputar mulut atau kemaluan. Untuk mengobati penyakit ini, pasien butuh minum antivirus. 

Tetapi, satu studi pada African Journal of Microbiology Research temukan jika ekstrak daun zaitun mempunyai karakter antivirus serta antimikroba hingga punya potensi kurangi potensi virus untuk menyerang sel sehat lain. Untuk mngobatinya, Anda butuh menteskan ekstrak daun zaitun ke ruang kulit yang terluka sekitar 1 atau 2 tetes. 

Tidak hanya jadi obat herpes, ekstrak daun zaitun memberi faedah pada kesehatan otak. Satu riset pada International Journal of Molecular Science temukan jika karakter anti-oksidan, yaitu oleuropein dari ekstrak daun zaitun dapat menahan kehancuran beberapa sel di otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Kesehatan"

Posting Komentar