Makna Lauk dan Sayur yang Sering Menjadi Pendamping Nasi Tumpeng

Makna-Lauk-dan-Sayur-yang-Sering-Menjadi-Pendamping-Nasi-Tumpeng

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi tumpeng sudah menjadi bagian kehidupan. Biasanya nasi ini dihidangkan dengan beragam lauk dan sayur di sekelilingnya. Namun tahukah Anda jika lauk tersebut tak hanya menjadi pendamping nasi saja. Sebelum pesan nasi tumpeng Jakarta, cari tahu dulu makna lauk dan sayuran pendamping nasi tumpeng. 

Nasi 

Nasi merupakan salah satu elemen penting bagi masyarakat Indonesia. Nasi tumpeng sendiri merupakan lambang kehidupan. Segitiga yang mengarah ke atas merupakan lambang menuju Tuhan YME, sebab nasi tumpeng adalah doa. Nasi tumpang yang berwarna putih biasanya menjadi lambang kesucian, polos, bersih, serta niatan yang tulus dan ikhlas. 

Namun seiring berjalannya waktu nasi tumpeng Jakarta juga ada yang berwarna kuning. Warna kuning sendiri sebenarnya merupakan lambang kegembiraan, kesucian, harapan, dan kemuliaan. Sebenarnya nasi tumpeng kuning atau putih sama-sama memiliki makna yang positif. Bahkan kini juga sudah banyak nasi tumpeng dengan warna yang lebih beragam. 

Ayam 

Ayam sering kali menjadi lauk yang dihadirkan dalam nasi tumpeng. Pada umumnya ayam yang digunakan adalah ayam jantan yang dibuat ingkung. Nantinya pelengkap yang satu ini akan ditaruh di sisi ingkung. Namun seiring berjalannya waktu, ayam sebagai pelengkap nasi kuning ini juga ada yang disajikan dalam bentuk potongan di sekeliling nasi tumpeng. 

Ikan Laut 

Ikan merupakan simbol yang berasal dari laut. Ikan petek utuh merupakan salah satu ikan asin yang paling mudah dijumpai. Pada umumnya ikan pipih berdaging ini sering kali disajikan dalam bentuk digoreng ataupun goreng tepung. 

Namun seiring berkembangnya zaman, Anda bisa mengganti ikan laut dengan aneka hidangan laut lainnya seperti udang, ikan tuna, ikan bandeng, dan lain sebagainya. Bahkan olahan masakannya kini juga mulai beragam seperti bumbu kuning, balado, ataupun cabai hijau. 

Telur 

Sebenarnya telur merupakan lambang kehidupan baru. Tak heran jika telur sering kali menjadi pelengkap sajian nasi tumpeng. Jenis makanan yang satu ini merupakan sumber protein yang mudah didapat dengan harga yang murah. Biasanya telur disajikan dalam bentuk telur rebus. Namun kini ada banyak olahan masakan telur lainnya yang bisa Anda pilih. 

Sayuran 

Berbagai jenis sayuran yang memanjang, merambat, berkecambah sering kali menjadi pelengkap sajian nasi kuning. Sayuran ini sebenarnya merupakan lambang kehidupan baru yang terus tumbuh. Biasanya campuran sayur itu akan diaduk dengan bumbu urap sebagai simbol menyatukan tekad dan keinginan. 

Bala Pendem 

Tak hanya dilengkapi dengan sesuatu yang berasal dari darat dan laut saja, namun juga dilengkapi dengan sesuatu yang berasa dari tanah. Pada umumnya nasi tumpeng sebagai lambang ucapan syukur biasanya akan dilengkapi dengan satu tampah umbi-umbian. Baik itu ubi, kacang tanah, singkong, talas, ataupun kacang bagor. 

Dipotong dari Dasar 

Pada berbagai upacara, biasanya proses pemotongan nasi tumpeng dilakukan dengan memotong bagian puncaknya. Namun sebenarnya kebiasaan yang satu ini tidak benar. Proses pemotongan nasi tumpeng seharusnya dilakukan dari dasar. Kebiasaan ini terpengaruh oleh budaya barat yang ketika memotong kue ulang tahun. 

Sebenarnya puncak nasi tumpeng merupakan simbol Tuhan yang Maha Esa. Jadi jika dipotong sama halnya memutus hubungan dengan Tuhan. Cara yang benar adalah memotong nasi tumpeng mulai dari bagian dasar kemudian ke bagian atas hingga mencapai puncak. 

Ternyata ada banyak sekali makna positif yang terkandung dalam nasi tumpeng. Tak heran jika nasi tumpeng sering kali menjadi hidangan pelengkap dalam berbagai acara. Ingin menyajikan nasi tumpeng dalam acara syukuran namun malas untuk membuatnya, bisa nih pesan nasi tumpeng Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Lauk dan Sayur yang Sering Menjadi Pendamping Nasi Tumpeng"

Posting Komentar