Senang Makanan Mentah, Berikut Beberapa yang Mesti Hindari Memakan Mentah


Buat beberapa orang, konsumsi makanan mentah punyai kesenangan sendiri. Contohnya saja makan sashimi alias salmon mentah ciri khas Jepang, atau Anda yang menyukai menu Indonesia mungkin senang dengan lalapan dari beberapa sayuran mentah. Sayangnya, tidak semua makanan itu bisa dikonsumsi mentah, lho. Ada banyak makanan mentah yang tidak bisa dikonsumsi sebab dapat memunculkan penyakit. 

Nah, agar tidak kercaunan atau terkena penyakit infeksi karena konsumsi makanan mentah, semestinya jauhi beberapa type makanan mentah berikut ini, ya. 

1. Kentang 

Ini, saat ini siapa yang suka mengonsumsi kentang dalam kondisi mentah? Jarang-jarang sekali kan? 

Kentang umumnya di rebus atau digoreng serta ada jadi makanan pendamping. Nah, jika Anda ingin mengkonsumsinya dengan mentah, mungkin semestinya dipikir terlebih dulu. 

Rasa pahit yang merasa dari kentang mentah pasti membuat nafsu makan Anda akan menyusut. Diluar itu, kentang yang belum dibuat ini memiliki kandungan pati yang resisten. 

Tujuannya, pati ini tidak bisa diolah oleh badan Anda, hingga dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Bukan sekedar disaksikan dari pati saja, bakteri pada kentang mentah bisa mengkontaminasi badan Anda. Bila ini dibiarkan, pasti berefek pada kesehatan Anda. 

Jauhi juga kentang berwarna hijau sebab kandungan toksin solaninnya bisa mengakibatkan mual serta sakit kepala. 

Nah, sedapat mungkin masaklah kentang sampai tingkat kematangannya sesuai hasrat Anda. Hal itu untuk menghindarkan efek yang diakibatkan karena mengonsumsi kentang mentah. 

2. Toge atau kecambah 

Kecambah atau toge memang seringkali dipakai untuk lengkapi salad sayur. Namun, saat mengkonsumsinya dalam kondisi mentah nyatanya bisa membahayakan badan Anda. Hal itu karena pada tauge mentah jadi target empuk bakteri yang cukup beracun, misalnya, salmonella, E.coli, serta listeria. 

Ketiganya bertindak besar jadi pemicu beberapa penyakit yang cukup serius, seperti diare, demam, serta perut kram. Nah, makanan seperti kecambah atau toge tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hal itu mempunyai tujuan untuk menghindarkan kerancuan bakteri yang tidak diharapkan oleh badan. 

Oleh karenanya, untuk membunuh bakteri yang ada, silakan masak toge sampai masak. Ini karena kecambah terhitung makanan yang tidak berbau saat memiliki kandungan bakteri. 

3. Kacang merah 

Kacang merah sebetulnya mempunyai kandungan gizi yang lumayan tinggi, jika dibuat sampai masak. Bila Anda mengkonsumsinya mentah-mentah, pasti ada risiko yang lumayan tinggi serta berpengaruh pada kesehatan Anda. 

Toksin yang ada di kacang merah, yakni Phytohaemagglutinin atau lektin kacang merah tetap bertahan disana sampai kacangnya masak. Lektin ini memiliki kandungan toksin bernama hau atau hemagglutinating, sekitar 20.000 s/d 70.000. 

Toksin sekitar itu dapat membuat Anda mual sampai muntah sesudah mengkonsumsinya. Diluar itu, Anda dapat juga alami diare serta ngilu perut. Pada beberapa masalah, orang yang keracunan kacang merah harus dirawat di rumah sakit dengan pertolongan cairan intravena. 

Hal itu karena lektin kacang merah mengganggu susunan mukosa usus, umumnya toksin ini terikat pada dinding usus. 

Duh, bahaya sekali ya jika sampai Anda sudah terburu konsumsi kacang merah mentah? Oleh karenanya, upayakan untuk masih memasak kacang merah sampai masak supaya terlepas dari keadaan ini. 

4. Madu 

Nyatanya, madu dalam kondisi mentah tidak baik lho dikonsumsi, khususnya untuk anak kecil. Meskipun saat ini gampang sekali temukan madu mentah di toserba, nyatanya kandungan grayanotoxinnya beresiko buat badan. Anda dapat rasakan lemas yang sangat benar-benar, mual sampai muntah, hipertensi, serta kepala pusing. 

Madu mentah memang seringkali jadikan alternatif gula. Namun, bila tahu efek yang berlangsung karena mengkonsumsinya dalam kondisi mentah, tentunya Anda harus menghindarinya, kan? 

Karena itu itu, madu terhitung dalam type makanan yang tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. 

5. Akar yucca 

Tanaman dengan akar bertepung ini nyatanya pun tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hal itu karena kandungan sianida pada daunnya dapat memunculkan beberapa tanda-tanda penyakit, misalnya: 
  • Mual serta muntah 
  • Kepala pusing 
  • Lidah berasa pahit 
  • Sakit perut 

Umumnya, akar yucca digoreng, di rebus, atau dihaluskan sebelum dikonsumsi. Hal itu mempunyai tujuan untuk hilangkan toksin serta bakteri yang berada di daun yang sampai akarnya. Nah, semestinya mengonsumsi type makanan ini dalam kondisi masak ya. 

6. Susu 

Nyatanya, susu mentah masuk dalam kelompok makanan yang tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah, lho. Kok dapat ya? 

Menurut CDC atau sama dengan Dirjen Mencegah serta Pengaturan Penyakit Kemenkes, susu yang belum dipasteurisasikan beresiko buat badan Anda. Ini karena ada bakteri yang dapat membahayakan nyawa Anda, seperti; 
  • Brucella 
  • Campylobacter 
  • Salmonella 
  • E.Coli 
  • Listeria 

Kelimanya pasti tidak asing jadi penyebab diare, kram perut, serta mual sampai muntah. Tidak itu saja, bila dibiarkan dalam periode waktu yang lama, Anda bisa jadi terserang penyakit GBS (sindrom guillain bare). Penyakit ini dapat membuat Anda lumpuh, tidak berhasil ginjal, stroke, sampai wafat. 

Nah, susu pasteurisasi tidak kurangi nutrisi yang berada di dalamnya. Oleh karenanya, hindarilah mengonsumsi susu mentah supaya tidak berlangsung penyakit yang bisa membahayakan hidup Anda. 

Sesudah tahu type makanan apa yang tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah, upayakan untuk masih menghindarkan makanan itu. Bila Anda sudah terburu mengkonsumsinya, selekasnya kunjungi dokter atau rumah sakit paling dekat untuk perawatan selanjutnya.
Senang Makanan Mentah, Berikut Beberapa yang Mesti Hindari Memakan Mentah Senang Makanan Mentah, Berikut Beberapa yang Mesti Hindari Memakan Mentah Reviewed by buyazen on 18.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.