Jangan Dikupas, Ternyata Kulit Apel Banyak Manfaatnya


Waktu makan apel, Anda lebih senang makan langsung dengan kulitnya atau mengupasnya lebih dulu? Makan apel dengan kulitnya atau kupas memang masih jadi perbincangan. Ada yang katakan kulit apel punyai banyak faedah. Tetapi, ada juga yang katakan harus mengupasnya sebab jumlahnya pestisida serta lilin yang melapisinya. 

Sebagian orang pilih kupas kulit apel sebab tidak ingin mengambil efek dengan kandungan yang menempel. 

Walau sebenarnya, ada faedah yang akan Anda temukan dengan konsumsi apel bertepatan dengan kulit buahnya, diantaranya: 

1. Memberi semakin banyak nutrisi 

Satu apel memiliki ukuran besar dengan kulit memiliki kandungan 116 kkal daya, 5.4 gr serat, 239 miligram kalium, 10 miligram vitamin C, 4,9 mikrogram vitamin K, serta 120 IU vitamin A. 

Meskipun kupas kulit apel tidak hilangkan nutrisinya, jumlahnya yang akan Anda temukan pasti menyusut. 

Bila Anda konsumsi apel komplet dengan kulitnya, badan Anda akan mendapatkan 332% semakin banyak vitamin K, 115% semakin banyak vitamin C, 20% semakin banyak kalsium, serta 142% semakin banyak vitamin A. 

2. Kurangi efek kanker 

Kulit apel nyatanya mempunyai faedah untuk kurangi efek beberapa macam kanker. Penemuan ini didapat dari satu riset tentang dampak ekstrak kulit apel pada perkembangan beberapa macam kanker. 

Riset itu temukan jika ekstrak kulit apel gala mempunyai kekuatan paling besar dalam menahan kanker. 

Kulit apel memiliki kandungan semacam protein yang dimaksud maspin. Protein ini kerja dengan menghalangi pembentukan pembuluh darah di seputar tumor dan menahan sel kanker menebar. 

Meskipun masih riset ini masih butuh dikaji selanjutnya, dampak menentang kanker yang ada pada ekstrak kulit apel termasuk kuat. 

3. Memperhatikan kesehatan sendi 

Faedah lainnya dari kulit apel ialah kurangi tanda-tanda serta ngilu akut pada pasien masalah sendi. 

Satu riset tunjukkan jika mengonsumsi bubuk kulit apel dengan teratur sepanjang 2-12 minggu tingkatkan gerak sendi yang semula hanya terbatas jadi lebih baik. 

Ini karena disebabkan kulit apel begitu kaya anti-oksidan. Kandungan anti-oksidan pada kulit apel bahkan juga tambah lebih banyak dibanding daging buahnya. 

Itu penyebabnya Anda lebih dianjurkan untuk makan apel dengan kulitnya. Senyawa anti-oksidan ini bertindak langsung pada sel badan dengan melindunginya dari radikal bebas serta inflamasi (peradangan). 

4. Sumber serat 

Bila Anda belum pernah makan apel dengan kulitnya, mungkin ini waktu yang pas untuk hentikan rutinitas itu. 

Masalahnya kupas kulit apel nyatanya akan hilangkan jumlahnya serat yang semula sebesar 5,4 gr jadi cuma 2,8 gr. Jumlahnya ini hampir sama dengan 1/2 dari kandungan serat keseluruhan pada apel. 

Serat ialah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk jaga kelancaran pencernaan. Nutrisi yang termasuk juga dalam karbohidrat kompleks ini dapat kurangi efek sembelit, diabetes, irritable bowel syndrome, sampai kanker usus besar. 

Nikmati faedah kulit apel tanpa ada cemas risikonya 

Sebagian orang mungkin cemas akan susunan lilin serta pestisida yang melekat pada kulit apel. Tenang, Anda tidak sendirian. 

Pemakaian ke-2 bahan itu memang sudah lama memetik pro serta kontra. Tetapi, jangan pernah kedua-duanya menghambat Anda untuk memperoleh faedah dari kulit apel. 

Lilin yang dipakai untuk melapisi apel terbuat berbahan organik. Bahan itu salah satunya asam lemak, kolagen, serta lilin karnauba yang datang dari tanaman palem. 

Susunan lilin ini pasti berlainan dengan lilin berbahan parafin yang dipakai untuk kepentingan industri. Jadi, Anda tidak butuh cemas jika susunan lilin pada kulit apel akan beresiko buat kesehatan Anda. 

Berkaitan permasalahan pestisida, Anda bisa bersihkan bekas pestisida pada apel dengan air mengalir. 

Janganlah pakai sabun sebab bahan-bahannya bisa meresap ke buah. Beli apel organik yang tidak memakai pestisida dapat juga jadi pilihan. 

Konsumsi apel, tanpa atau dengan kulit, akan berguna buat kesehatan. Tetapi, kulit pada apel yang belum dikupas memang mempunyai faedah yang semakin besar. 

Dikupas atau tidak, yakinkan apel yang Anda mengonsumsi tetap dalam kondisi fresh serta higienis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Dikupas, Ternyata Kulit Apel Banyak Manfaatnya"

Posting Komentar