Gejala Gangguan Elektrolit Berdasarkan Jenis Mineral


Masalah elektrolit ialah situasi yang berlangsung saat jumlahnya mineral jadi lebih tinggi atau lebih rendah dari rentang normal. Dalam arti medis, jumlahnya yang tambah tinggi dari normal dengan diawali imbuhan “hiper-”, sedang jumlahnya yang lebih rendah dari normal dengan diawali “hipo-”. 

Tiap-tiap type mineral bisa jadi banyaknya tidak normal serta mempunyai gejalanya semasing. 

1. Natrium 

Natrium penting untuk mengendalikan manfaat skema saraf serta kontraksi otot. Jumlahnya natrium yang begitu rendah akan memunculkan tanda-tanda berbentuk sakit kepala, pergantian situasi mental, mual serta muntah, perasaan capek, kejang, sampai koma. Sedang jumlahnya natrium diatas normal bisa memunculkan tanda-tanda sama, tetapi dibarengi dengan perasaan haus. 

2. Kalium 

Kalium ialah mineral yang diperlukan untuk mengawasi manfaat jantung, skema saraf, serta otot. Hipokalemia serta hiperkalemia mudah umumnya tidak memunculkan tanda-tanda. 

Tetapi, bila masalah pada elemen elektrolit ini selalu bersambung, Anda akan alami tanda-tanda berbentuk denyut jantung yang tidak teratur. Jumlahnya kalium yang begitu rendah bahkan juga bisa mengakibatkan tanda-tanda lebih kronis seperti kram serta kejang. 

3. Kalsium 

Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang serta gigi, kalsium pun diperlukan untuk mengawasi desakan darah normal serta mengatur kontraksi otot. Hipokalemia mudah tidak mempunyai tanda-tanda, tetapi jika tidak diatasi akan mengakibatkan pergantian warna kulit, kuku, serta rambut. 

Kekurangan kalsium yang kronis dapat mengakibatkan ngilu otot sampai kejang. Sebaliknya, hiperkalemia yang tidak ditangani dapat menyebabkan ngilu perut dan masalah pada skema saraf, otot, serta pencernaan. 

4. Klorida 

Klorida ialah elemen yang mengawasi kesetimbangan asam serta basa dalam elektrolit. Tanda-tanda hipokloremia diantaranya dehidrasi, badan lesu, kesukaran bernapas, muntah, serta diare. Selain itu, hiperkloremia mempunyai tanda-tanda yang lebih bermacam. Sejumlah besar gejalanya mirip pertanda masalah elektrolit pada umumnya. 

5. Magnesium 

Magnesium ialah elemen elektrolit yang bermanfaat dalam penataan manfaat saraf, denyut jantung, serta kontraksi otot. Kekurangan magnesium diikuti dengan tanda-tanda yang mirip kekurangan kalium serta kalsium. Sesaat keunggulan magnesium umumnya memunculkan masalah pernafasan, pergantian denyut jantung, serta penurunan desakan darah. 

6. Fosfat 

Manfaat badan tidak berjalan normal tanpa fosfat. Kekurangan fosfat biasanya tidak tunjukkan tanda-tanda, tetapi situasi ini bisa memunculkan permasalahan pernafasan, kejang, sampai tidak berhasil jantung. Tanda-tanda masalah elektrolit pun tidak terlihat waktu badan Anda keunggulan fosfat hingga butuh dicheck selanjutnya. 

Tanda-tanda masalah elektrolit sangat beragam serta bergantung pada type mineral yang memiliki masalah. Anda dapat alami tanda-tanda yang tidak terlihat di luar seperti pergantian desakan darah, masalah skema saraf, serta permasalahan pada tulang. 

Janganlah meremehkan semua tanda-tanda itu, sebab masalah elektrolit kronis yang tidak selekasnya disikapi dapat menyebabkan komplikasi sampai menyebabkan fatal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Gangguan Elektrolit Berdasarkan Jenis Mineral"

Posting Komentar