Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar, Apakah Mungkin?



Bisnis Tanpa Modal, apa kita sedang mencarinya? Beberapa masa-masa yang kemudian saya dan seorang teman membicarakan topik mengenai bisnis, dan obrolan dengan rekan saya tersebut membuat saya tertarik guna menulisnya di dalam blog ini. Waktu tersebut dia bilang, “Saya inginkan berbisnis guna nyari duit tambahan, terdapat tidak bisnis tanpa modal yang dapat menghasilkan untung besar?”.

Mungkin pertanyaan tersebut juga yang tidak jarang ada di kepala saya dan kita juga, apa mungkin dapat memulai suatu bisnis tanpa modal sepeserpun dan dapat menghasilkan untung besar?

Saya sendiri telah pernah menjalankan sejumlah bisnis yang tadinya memang tidak perlu modal materiil, contohnya menjadi drospshipper, menulis tulisan untuk orang lain, meluangkan jasa backlinks, dan lain-lain. Namun untuk mengerjakan promosinya, saya tetap mengeluarkan ongkos walaupun memang tidak banyak.

Intinya, guna menjalankan bisnis tersebut memang perlu menerbitkan modal walaupun tidak besar. Bagi lebih jelasnya saya bakal memberikan sejumlah contoh bisnis tanpa modal besar yang dapat dikerjakan oleh siapapun yang hendak mendapatkan pendapatan tambahan, baik secara online ataupun offline.

Berikut ini ialah beberapa misal bisnis yang dijalankan tanpa memerlukan modal dana yang besar:

1. Menjadi Seorang Penulis Lepas, Bisnis Tanpa Modal

Profesi menjadi pengarang lepas ialah salah satu misal usaha tanpa modal besar yang dapat dikerjakan dari lokasi tinggal secara online. Saya sendiri ketika ini menjadi seorang pengarang lepas di salah satuh situs yang mempunyai topik mengenai bisnis. Artikel yang saya tulis seputar bisnis dan referensinya saya lihat dari berbagai tulisan bisnis yang terdapat di internet ataupun buku.

Dalam menjalankan profesi ini, saya melulu membutuhkan koneksi internet dan suatu laptop. Setiap bulannya empunya website tersebut selalu mengantarkan pembayaran atas artikel yang saya buat, nilainya memang tidak besar tapi cukup sebagai uang ekstra dan saya juga dapat mengembangkan keterampilan saya dalam mencatat artikel.

Jika menurut keterangan dari Anda ongkos internet dan kemudahan pendukung lainnya tidak dirasakan sebagai modal atau biaya, maka menjadi pengarang lepas dapat disebut sebagai bisnis tanpa modal. Bagaimana menurut keterangan dari Anda, tertarik?

2. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)

Menjadi reseller tidak tergolong dalam kelompok usaha tanpa modal, sebab butuh ongkos untuk melakukan pembelian barang-barang yang akan dipasarkan kembali. Keuntungan menjadi seorang reseller, anda tidak pusing dalam menciptakan sebuah produk yang akan anda jual. Kita melulu perlu konsentrasi pada proses marketing dan penjualan produk orang lain, tentunya anda harus meyakinkan bahwa produk yang akan anda jual tersebut memang bagus.

Salah satu misal reseller dalam bisnis offline misalnya memasarkan kue produksi orang lain. Saya pernah bertemu dengan seorang bapak penjaja kue keliling dimana dia memasarkan kue produksi orang beda dan dia mendapatkan deviden dari selisih harga dari pembuat kue tadi.

Keuntungan si bapak tersebut dari memasarkan kue produksi orang beda ternyata lumayan besar. Dia dapat mendapatkan deviden bersih sampai Rp 3juta dalam satu bulan. Ini ialah salah satu misal untuk bisnis tanpa modal duit pada usaha offline.

Untuk bisnis online tentunya peluang menjadi reseller atau dropship sangat tidak sedikit kita temukan. Namun untuk dapat menjalankan bisnis reseller atau bisnis dropship, anda harus mempunyai sebuah situs atau blog yang bakal kita pakai sebagai “etalase” atau lokasi display barang yang anda jual tadi. Website atau blog tersebut dapat dibuat dengan layanan cuma-cuma seperti Blogger atau WordPress.

Namun supaya terlihat lebih profesional, terdapat baiknya kita menciptakan website atau blog dengan nama domain sendiri. Ini memang tidak cuma-cuma tapi modal yang diperlukan untuk melakukan pembelian domain paling kecil dibanding dengan mencarter sebuah lokasi untuk berjualan. Itu berpulang kepada pilihan anda sendiri.

Jika kita memandang ongkos untuk internet dan melakukan pembelian produk untuk dipasarkan tidak dirasakan sebagai modal awal, maka menjadi reseller dan dropshipper dapat disebut sebagai bisnis tanpa modal. Anda tentu sangat tertarik dengan bisnis ini.

3. Bisnis Tanpa Modal, Menjadi Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional ialah salah satu misal bisnis tanpa modal besar yang dapat kita kerjakan. Banyak blogger yang memiliki penghasilan teratur dari blog yang dia kelola. Bila anda punya suatu blog atau situs dengan kunjungan pengunjung yang tinggi maka sangat dapat dipastikan bahwa blog tersebut akan dapat memberikan penghasila berkala.

Ada sejumlah cara guna mendapatkan pendapatan dari blog dengan kunjungan pengunjung yang tinggi; melewati space iklan yang disewakan, melewati program PPC (google adsense), program pay per lead, dan lain-lain.

Namun butuh diketahui bahwa untuk menciptakan sebuah blog mempunyai trafik tinggi dan digemari oleh pengunjungnya bukanlah sesuatu yang paling mudah. Blog itu harus mempunyai konten yang original dan digemari pengunjungnya, selain tersebut tampilan dan navigasinya pun harus user friendly.

Dan untuk menjangkau semua tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Kita mesti memiliki keterampilan khusus, baik sebagai seorang webmaster, seorang pengarang konten, dan seorang pebisnis online.

Jika ongkos belajar blogging dan koneksi internet serta ongkos lainnya tidak dirasakan sebagai modal, maka menjadi seorang blogger dapat dianggap sebagai suatu usaha tanpa modal.

4. Menjadi Seorang Broker/ Agen

Jika Anda ialah seorang yang memiliki keterampilan marketing yang baik, maka Anda dapat mencoba menjadi seorang broker/agen. Contohnya ialah menjadi seorang agen penjaja properti. Keuntungan dari memasarkan properti dapat dari dua pihak, yakni dari empunya properti dan pun dari pembeli properti.

Pemilik properti seringkali akan menyerahkan tip untuk orang yang sukses membantunya memasarkan properti miliknyanya. Sedangkan pembeli yang senang seringkali akan menyerahkan tip untuk orang yang menyerahkan informasi dan membantunya mengejar property yang dia cari.

Jika masa-masa dan ongkos operasional kita tidak dirasakan sebagai modal atau biaya, maka menjadi seorang agen atau broker dapat dianggap bisnis tanpa modal.

5. Menjual Jasa Termasuk Bisnis Tanpa Modal?

Bisnis penyedia jasa sebenarnya dapat dikerjakan dengan tanpa modal yang besar. Namun pada banyak sekali kasus, bisnis penyedia jasa seringkali membutuhkan modal materiil yang tidak sedikit.

Salah satu misal bisnis modal kecil dengan meluangkan jasa pada bisnis online ialah menjual jasa pengarang artikel. Selain tersebut menjual jasa SEO (search engine optimization), memasarkan jasa menciptakan website, memasarkan jasa marketing online, dan lain-lain.

Kesimpulan:
Berdasarkan keterangan dari saya, tidak terdapat yang namanya bisnis tanpa modal sepeserpun. Saya lebih setuju andai disebut bisnis dengan modal kecil. Bila anda menggali sekian banyak peluang usaha, anda akan menemukan sejumlah usaha tanpa modal besar yang dapat kita jalankan.

Dengan belajar terus-menerus dan berjuang menggali potensi bisnis di dekat kita, tentu kita akan dapat membangun suatu bisnis yang berhasil.
Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar, Apakah Mungkin? Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar, Apakah Mungkin? Reviewed by buyazen on 17.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.